Pengobatan rumah yang efektif untuk menyingkirkan batu ginjal

Kebiasaan minum air putih yang kurang menjadi pemicu utama terjadinya batu ginjal, maka tak heran banyak sekali pengguna internet mencari informasi mengenai “obat batu ginjal”. Seseorang bisa memiliki batu ginjal karena berbagai alasan yang berbeda. Ada yang terjadi karena urine terkonsentrasi akibat kurang minum air putih, yang pada gilirannya membuat garam asam dan mineral bersatu membentuk batu.

Batu-batu ini dapat mempengaruhi bagian-bagian yang berbeda dari sistem saluran kemih, mulai dari ginjal sampai kandung kemih. Oleh karena itu lebih tepat kita sebut sebagai batu saluran kemih, karena tidak melulu di ginjal.

Anda mungkin menemukan beberapa bantuan agar batu ginjal bisa terbuang melewati saluran kemih, akan tetapi proses lewatnya batu ginjal itu sendiri bisa sangat menyakitkan. Upaya terbaik adalah bagaimana caranya mengobati batu ginjal tanpa menyebabkan rasa sakit dan kerusakan permanen pada saluran kemih.

Benarkah Anda Memiliki Batu Ginjal? Sebelum mencoba metode apapun untuk menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal, Anda perlu memastikan apakah Anda memang benar-benar memiliki batu ginjal, batu saluran kemih, atau tidak.

Meskipun seseorang memiliki batu ginjal, biasanya tidak mengalami gejala sampai batu itu mulai bergerak di dalam ginjal dan menemukan tempat sempit lalu mengiritasi. Terkadang batu ginjal masuk ke dalam ureter dan menyebabkan tanda-tanda dan gejala tertentu, seperti nyeri saat buang air kecil, rasa sakit di bagian punggung bagian samping, bawah tulang rusuk, dan air seni berwarna merah muda, coklat atau merah (kencing berdarah).

Rasa nyeri akan terasa cukup parah tapi biasanya datang secara bergelombang. Anda mungkin mulai buang air kecil lebih sering dan mengalami beberapa gejala lain seperti mual, urin keruh dan berbau busuk, menggigil dan demam, serta buang air kecil dalam jumlah sedikit pada suatu waktu.

Sampai disini, Anda harus periksa ke dokter jika sakit sangat parah, melihat ada darah dalam urin, atau mengalami rasa sakit yang disertai demam dan menggigil. Bagaimana Cara Mengobati Batu Ginjal?

Meskipun ada banyak metode pengobatan yang bisa digunakan untuk mengusir batu ginjal, tetapi pada prinsipnya adalah sama; pilihan pengobatan yang tepat akan tergantung pada ukuran batu. Penanganan sederhana di rumah tanpa menggunakan obat batu ginjal akan berhasil jika batu berukuran kurang dari 3 mm.

Hanya 20% batu ginjal yang bisa diatasi dengan pengobatan rumah ketika memiliki ukuran setidaknya 8 mm. Perawatan medis profesional mutlak diperlukan untuk menyingkirkan batu yang berukuran lebih besar dari 1 cm. Berikut adalah beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk menyingkirkan batu ginjal.

  1. Banyak minum air putih akan membantu meluruhkan batu ginjal. Anda mungkin harus minum hingga 2,8 liter per hari untuk melihat hasilnya. Untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup minum atau belum, maka coba perhatikan warna air seni, jika Anda melihat urin berwarna jernih, maka berarti Anda sudah banyak minum.
  2. Gunakan Lemon Sambil meningkatkan asupan air, Anda juga dapat menggunakan lemon sebagai campuran untuk membantu memecah batu ginjal. Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu memecah batu berbasis kalsium dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan bersama urin. Anda harus berusaha untuk mengkonsumsi sampai 125 ml jus lemon murni sehari.
  3. Mengurangi Asupan Garam dan Protein Batasi asupan garam dan daging yang kaya protein karena garam meningkatkan kalsium dalam urin, sedangkan protein akan meningkat oksalat, kalsium dan asam urat dalam urine. Protein daging mengandung banyak sulfur yang membuat masalah lebih buruk.
  4. Konsumsi Serat Makanan Sertakan sayuran segar dan biji-bijian pada menu makanan sehari-hari ketika Anda berusaha menghilangkan batu ginjal. Sebagian makanan kaya serat juga mengandung fitat yang mengurangi kristalisasi garam kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal. Tambahkan gandum, jagung, apel, berry, serta buah dan sayuran lainnya dalam makanan sehari-hari.
  5. Hindari Soft Drinks Ketika berusaha mengobati batu ginjal, maka Anda harus menghindari minuman ringan. Minuman berkafein juga akan memperburuk keadaan karena memiliki asam fosfat yang akan menambah pembentukan batu. Hindari kopi dan teh untuk melanggengkan tujuan ini.
  6. Olahraga Ketika berusaha mengobati batu ginjal, yang harus Anda lakukan adalah berolahraga ringan sampai sedang secara teratur. Hal ini akan membantu menjaga batu agar bergerak dan membuatnya lebih mudah untuk dibuang melalui air seni. Pastikan untuk tetap melakukan latihan ringan seperti berjalan untuk menghindari rasa sakit selama latihan. Ambil istirahat jika Anda mulai mengalami sakit akibat batu bergerak di dalam saluran kemih.

Simak juga pembahasan terkait obat batu ginjal ini: Stonof-Obat Herbal Penghancur Batu Ginjal Secara Alami

Pengobatan batu ginjal

Pengobatan penyakit batu ginjal yang dilakukan tergantung kepada ukuran dari batu. Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran yang disarankan. Dengan adanya aliran cairan secara terus-menerus, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya.

Penanganan batu ginjal yang dengan prosedur khusus (misalnya dengan energi laser, ultrasound, atau operasi) biasanya baru akan diterapkan jika batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat saluran kemih pasien.

Jika penyakit batu ginjal tidak segera diobati maka akan menyebabkan terjadinya komplikasi. Batu ginjal dapat diobati dengan cara operasi atau melakukan tembak laser. Hal tersebut tentu saja akan memakan biaya yang tidak sedikit. Namun anda jangan khawatir karena ada cara mengatasi batu ginjal tanpa operasi dengan biaya yang terjangkau yaitu mengkonsumsi obat herbal Stonof. Obat herbal Stonof terbuat dari ektrak tanaman herbal yang berkhasiat menghancurkan dan meluruhkan batu ginjal, serta mengatasi radang saluran kemih.

Komposisi Obat Herbal Stonof :

  • Morinda citrifolia fructus ekstrak (mengkudu) – Buah mengkudu memang banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit salah satunya mampu mengatasi dan juga meluruhkan batu ginjal. Buah mengkudu kaya akan kandungan vitamin c, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat dan karbohidrat yang ampuh mengatasi gangguan kesehatan serius seperti batu ginjal, radang usus buntu, hingga kanker. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan mengkudu memiliki senyawa alami yang dapat memecah batu ginjal sehingga bisa dengan mudah dikeluarkan dari kandung kemih.
  • Andrographis paniculata herba ekstrak (sambiloto) – dijuluki Raja Pahit/King of Bittler, telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu, terutama di Indonesia sebagai obat-obatan alami, sangat populer sebagai obat malaria dan lever/hati. Sambiloto mempunyai kekuatan untuk melawan bakteri, kaya akan antioksidan yang tinggi dan digunakan untuk mengatasi terjadinya komplikasi penghancuran batu ginjal, nanah dalam saluran kencing, dan atau darah dalam saluran kencing. Berfungsi sebagai diuretik dan peningkat daya tahan tubuh.
  • Orthosiphonis spicatus folium ekstrak (kumis kucing) – Bersifat diuretik, bermanfaat untuk mengatasi infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, kencing batu, batu kantung empedu, dan sebagai antipiretik.
  • Cantella asiatica herba ekstrak (pegagan) – Bersifat antibakteri, menyembuhkan luka, antiradang, antioksidan, dan meningkatkan kinerja ginjal. Telah melalui beberapa uji praklinis untuk antibakteri, ginjal, dan antitumor. Digunakan sebagai obat untuk membantu penyembuhan luka dan radang pada saluran kemih.

Khasiat dan manfaat mengkonsumsi obat herbal Stonof secara rutin antara lain :

  • Membantu menghancurkan dan meluruhkan batu ginjal
  • Mengatasi radang saluran kemih
  • Menghilangkan rasa sakit sebagai akibat dari penyakit batu ginjal
  • Menghambat pembentukan dan pengendapan batu didalam ginjal
  • Membersihkan tumpukan zat racun di ginjal
  • Memperbaiki sistem ginjal dan fungsi ginjal
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

 

Detail Produk :

Nama Produk : Stonof

Kemasan       : Botol (lihat foto diatas)

isi                   : 50 kapsul @ 500mg

Ijin BPOM TR  : 173303491

Aturan minum : 2 x 1-2 Kapsul sehari

Catatan           : simpan ditempat sejuk dan ker

 

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *